Skip to main content

Cara menyambungkan Laptop ke TV pakai kabel dan tanpa kabel

Cara menyambungkan Laptop ke TV

Demi hiburan, banyak yang memilih beralih dari TV kabel atau satelit dan mendapatkan program dari YouTube atau situs internet lainnya secara gratis, atau dengan biaya rendah. Namun, Anda tidak selalu ingin mengakses konten Anda dari layar yang kecil, seperti laptop atau perangkat Anda lainnya. Jadi ada beberapa cara menyambungkan laptop ke tv, Anda dapat mengirim konten langsung dari laptop dan menikmatinya di TV besar Anda.

Cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI

Cara menyambungkan laptop ke TV

Cara termudah untuk menyambungkan laptop Anda ke TV adalah dengan menggunakan kabel. Sebagian besar laptop yang diproduksi selama lima tahun terakhir memiliki port High-Definition Multimedia Interface, atau yang disebut juga kabel HDMI. Port HDMI tampak seperti port USB memanjang yang digunakan untuk perangkat seperti flash drive dan printer. Harga kabel HDMI tidak terlalu mahal, Port HDMI di sisi TV juga mudah ditemukan di semua tipe tv terbaru. 

Saat Anda menyambungkan laptop ke tv dengan kabel HDMI, laptop akan secara otomatis mengonfigurasi ke pengaturan optimal. Jika layar laptop Anda tidak secara otomatis tampil ke TV Anda, klik kanan pada layar desktop Anda dan buka: 

Display Settings> Display> Screen Resolution

Cara menyambungkan laptop ke TV

Anda juga dapat membuka [Screen Resolution] dari [Control Panel] dengan prosedur yang sama. Pilih TV Anda di kotak drop-down yang muncul. Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan resolusi yang berbeda. Coba versi yang direkomendasikan. Jika tidak terlihat optimal pada resolusi itu, Anda dapat menyesuaikannya ke pengaturan lain.

Cara menyambungkan laptop ke TV dengan kabel VGA

Jika Anda menggunakan laptop lama yang tidak memiliki port HDMI, Anda dapat menggunakan port VGA. Port VGA adalah jenis port lain yang memiliki 15 pin (5 pin x 3 baris) dan hampir persegi panjang. Karena kabel VGA hanya merupakan keluaran video, metode ini memerlukan kabel kedua (3,5 mm reed) untuk disambungkan ke port headphone di TV dari laptop Anda.

HDMI dan VGA adalah jenis kabel yang paling umum, tetapi memerlukan DisplayPort (mentransmisikan video dan audio) atau video komposit (video kedua untuk audio) pada laptop atau TV Anda.

Cara menyambungkan laptop ke TV
Koneksi laptop dan TV tentu saja tidak semuanya sama. Misalnya, TV Anda mungkin memiliki koneksi HDMI, tetapi laptop Anda mungkin memiliki DisplayPort. Untuk mengatasi hal ini Anda cukup membeli konverter. Konverter adalah perangkat berbiaya rendah dengan koneksi DisplayPort di satu sisi dan koneksi HDMI di sisi lain. Hubungkan koneksi yang sesuai dari konverter ke laptop, dan hubungkan ujung lainnya ke TV Anda.

Seperti saat cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel HDMI, perangkat juga akan secara otomatis mengenali satu sama lain via konverter ini. Jika tidak mengenalinya, buka Control Panel dan sesuaikan pengaturan seperti yang Anda lakukan dengan kabel HDMI. 

Mirroring ke TV 

Sejak rilis sistem operasi Windows 10 pada Juli 2015, OS ini telah menjadikannya TV, pemutar Blu-ray, atau perangkat yang kompatibel dengan standar Miracast yang muncul sekitar tahun 2013. Sekarang Anda dapat mencerminkan Layar laptop ke tv (untuk Windows 7, Windows 8, dan sistem operasi sebelumnya juga mendukung standar ini). Miracast sama dengan HDMI tanpa menggunakan kabel, yaitu mencerminkan konten di laptop Anda ke TV yang tersambung, sehingga disebut "HDMI over Wi-Fi".

Cara menyambungkan laptop ke TV

Metode ini membutuhkan perangkat kecil yang disebut dongle Miracast. Perangkat kecil ini memiliki bentuk yang bervariasi dari satu produsen ke produsen lainnya, tetapi cara kerjanya sama. Dengan mencolokkan dongle ke port HDMI di laptop Anda, laptop Anda akan dapat mendeteksi dan terhubung langsung ke perangkat lain, seperti TV Anda. Tidak diperlukan jaringan Wi-Fi.

Cara lain untuk menghubungkan laptop Anda ke TV adalah dengan menggunakan aliran media khusus, seperti Google Chromecast, Roku's Streaming Stick, Amazon Fire Stick, Apple TV, dll.

Demikian tadi cara menyambungkan laptop ke tv, baik dengan kabel HDMI, VGA, ataupun dengan cara mirroring. Semoga bisa bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close