Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit

Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya Dalam 5 Menit – Kali ini Montirbox akan berbagi pengalaman tentang penyebab AC bocor dan apa penyebab AC indoor bisa mengeluarkan tetesan air yang seharusnya terjadi pada saluran pembuangan outdoor AC. Serta Montirbox juga akan memberikan solusi bagaimana cara memperbaiki AC indoor yang bocor.

Apa penyebab AC bocor? Kenapa indoor AC bisa meneteskan air? Pada dasarnya perangkat indoor AC memang menghasilkan air, itu adalah efek dari kondensasi yang terjadi diantara unit AC outdoor dan indoor, hal ini disebabkan karena akibat dari perbedaan suhu dari freon outdoor yang lewat ke indoor, disitulah akan terjadinya kondensasi dan akan menghasilkan air.

Pada bagian indoor AC, disitu sudah terdapat tempat penampungan air semacam wadah yang memanjang, yang akan menampung air akibat proses kondensasi tadi. Biasanya pada bagian indoor AC akan ada semacam pipa atau selang yang dikhususkan untuk mengalirkan air tersebut menuju ke bagian saluran pembuangan menuju oudoor AC.

Baca Juga : Cara Mematikan Timer AC Panasonic (Cukup 1 Cara)

penyebab ac bocor

Akibat dari dari suatu sebab dan lain hal seperti penumpukan debu, akan terjadi penyumbatan pada selang pembuangan atau timbulnya penumpukan lumut pada wadah penampungan air atau talang, hal ini yang menyebabkan selang AC tersumbat dan AC menjadi bocor. Kali ini Montirbox akan membagikan apa penyebab AC bocor dan bagaimana cara penanganannya.

Penyebab AC Bocor dan Cara Memperbaikinya

Langkah yang pertama adalah kita bisa mengecek saluran pembuangan air AC yang biasanya ada diluar, perhatikan air pembuangan pada selang lancar atau tidak. Cara menganalisanya sangatlah mudah, jika air menetes dari saluran pembuangan 1 detik hanya 1 kali, artinya pembuangan air itu tidak lancar, atau ada yang tersumbat.

Penyebab AC Bocor
Jika AC anda sudah dinyalakan dalam waktu 1 jam dan pembuangannya tidak lancar, artinya ada sesuatu atau talang AC Anda mengalami penyumbatan.

– Untuk cara memperbaikinya silahkan Anda buka cover AC indoor Anda, pastikan matikan power terlebih dahulu

Penyebab AC Bocor

– Buka swing atau split dengan hati-hati dengan cara dilengkungkan.

READ:  Kode Remot TV SAMSUNG Tabung dan Led Lengkap (Remot Universal)

– Buka cover lalu lepaskan filter AC kiri dan kanan.

Penyebab AC Bocor

– Jika filter AC kotor silahkan dibersihkan dengan di semprot air, jangan disikat karena bisa menyebabkan filter tersebut rusak.

– Selanjutnya cabut kabel power display kemudian buka cover atas. Harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa menyebabkan cover itu rusak atau pecah.

– Kemudian buka cover utama dengan cara sedikit menarik cover bagian atas jika merk anda AC Polytron (AC Polytron kebanyakan memiliki pin pengunci cover pada bagian atas).

– Setelah cover dibuka akan terlihat pada bagian bawah terdapat talang AC.

– Bersihkan talang AC dengan lidi atau lainnya, pastikan lakukan dengan hati-hati.

Penyebab AC Bocor

– Jika talang AC sudah bersih dari kotoran, Anda bisa mulai menyemprotkan air dengan kekuatan semburan yang kecil, Anda bisa menggunakan semprotan bekas pewangi pakaian.

– Tujuan menyemprotkan air diatas talang AC adalah untuk membersihkan AC dari debu dan lumut yang menempel, sekaligus kita akan mengetes apakah talang AC tersebut masih mampet atau sudah normal.

Penyebab AC Bocor

– Dan nanti akan kita lihat apakah di saluran pembuangan luar pada outdoor AC air sudah mengalir dengan lancar atau tidak. Jika mengalir dengan lancar berarti saluran pada talang AC sudah normal, dan AC sudah tidak bocor lagi tanpa tetesan di indoor AC lagi.

Penyebab AC Bocor

– Apabila Anda cek pada saluran pembuangan pada AC outdoor sudah lancar, berarti penyebab AC bocor sudah fix bisa teratasi, dan silahkan pasang kembali cover indoor AC seperti semula sebagaimana mestinya.

Oke sobat Montirbox, itu tadi sedikit sharing Admin mengenai penyebab AC bocor dan bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki AC indoor yang mengalami kebocoran atau terjadinya tetesan air. Semoga paparan ini bermanfaat.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment