--> Skip to main content

Cara Pasang Bracket TV Sendiri Dirumah

Cara Pasang Bracket TV LED di Dinding - Apa itu bracket tv? bracket tv adalah suatu alat tambahan yang digunakan agar tv LED atau tv LCD bisa dipasang atau di gantung di dinding. Pada artikel ini Montirbox akan menjelaskan secara sederhana cara memilih bracket TV atau penyangga untuk tv yang dipasang di dinding, serta bagaimana cara pasang bracket TV dengan mudah.

Berkat kemajuan teknologi, TV saat ini lebih ringan dan lebih tipis dari sebelumnya, yang membuatnya lebih mudah untuk dipasang di dinding. mayoritas perangkat TV layar datar terbaru sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat dipasang ke dinding. Pada pesawat tv sudah memiliki lubang yang sudah dibuat sebelumnya di sisi belakang untuk memasang braket dan dudukan.

Semuanya dirancang sesuai dengan Standar Pemasangan Antarmuka VESA (VESA Mounting Interface Standard), yang berarti Anda dapat memilih braket dengan ukuran tertentu dan memastikannya pas. Cara pasang bracket TV dan Jenis pemasangan biasanya sudah tertera di kotak atau kemasan bracket TV yang Anda beli.

Cara Pasang Bracket TV

Kelebihan Memasang Bracket TV di Dinding 

TV yang tipis dan ringan saat ini paling baik digantung di dinding, dan dengan menggantungnya di dinding, penyangga TV menjadi tidak diperlukan lagi, dan ada manfaatnya bahwa Anda dapat menghemat penggunaan ruangan, sehingga Anda mempunyai ruangan yang cukup untuk berbagi tempat dengan peralatan lainnya. Selain itu, dengan Anda mengetahui cara pasang bracket TV sendiri, Anda bisa menghemat biaya yang mesti Anda keluarkan apabila memanggil seorang teknisi.

Jika Anda tidak memiliki peralatan Audio Video, Anda tidak memerlukan rak Audio Video itu sendiri, dan Anda dapat menggunakan ruangan secara luas dan memperluas kegunaannya. Selain itu, daripada mengkhawatirkan TV jatuh yang mungkin disebabkan oleh hewan peliharaan atau anak-anak dirumah, menggantung TV dalam posisi tinggi di dinding dapat menghilangkan kekhawatiran dari menyentuh layar atau jatuh.

Kelebihan lainnya memasang bracket TV adalah, dengan menggantung TV di dinding alat kelengkapan logam mengikat TV ke dinding dengan kuat, dan Anda tidak perlu khawatir TV akan jatuh atau runtuh, kecuali TV runtuh bersama rumah atau dinding Anda. Selain itu, memakai bracket TV dan menggantung TV di dinding akan menambah estetika serta membuat desain interior ruangan Anda menjadi lebih rapi dan nyaman.

Memang cara pasang bracket TV bagi orang yang awam masih menjadi kesulitan tersendiri, terlebih bagi Anda yang tidak memiliki perkakas yang mendukung, seperti bor tangan misalnya. Namun tentu saja semua itu tidak menjadi masalah dibanding manfaat yang begitu besar untuk TV Led kesayangan Anda. Untuk bor, saat ini sudah banyak yang menjual di marketplace dengan harga yang relatif murah, atau jika tidak ingin membeli, Anda bisa meminjam bor tetangga atau teman. Dan untuk tutorial cara pasang bracket TV nya bisa Anda baca di blog ini.

Langkah-langkah Cara Pasang Bracket TV

Sebelum membeli bracket tv, pastikan bracket tv yang Anda beli telah sesuai dengan maksimal berat yang disarankan oleh produk bracket tv utu sendiri. Jika Anda memasang TV dengan kapasitas beban lebih dari yang telah ditentukan pabrikan bracket tv, bisa saja bracket tv akan kelebihan beban, dan tv bisa saja jatuh dari gantungan bracket. Jadi pastikan untuk memeriksa kapasitas muatan sebelum memilih bracket TV.

Cara Pasang Bracket TV


Note: Peralatan yang dipakai pada gambar di tutorial dibawah ini hanya sebagai contoh dan peraga saja. Gunakan peralatan yang lebih baik dan lebih rapi.

1. Pertama, siapkan alat sebelum memasang bracket tv

Peralatan yang dibutuhkan untuk memasang bracket tv adalah bor listrik, obeng, alat perata, sarung tangan kerja, pengukur, kain, sensor tanah (optional), pensil dan pulpen untuk penandaan. Akan lebih baik untuk memiliki kunci pas hex atau kunci pas untuk mengatur sudut sambungan logam dan menghilangkan kelonggaran.

2. Periksa Kondisi Dinding

Periksa struktur dinding atau tempat yang ingin Anda pasang. Pukul dinding untuk menemukan tempat kokoh yang bukan hanya eternit. Kemudian gunakan sensor stud untuk menemukan di mana tiang solid berada. Untuk rumah kayu, ada kasus di mana tulangan disertakan untuk hiasan dinding TV sejak awal, jadi Anda  bisa tanyakan kepada perusahaan konstruksi.

3. Lepaskan Dudukan TV

Cara Pasang Bracket TV

Sebagian besar TV memiliki struktur yang memungkinkan penyangga TV yang bisa dilepas. Seperti yang dijelaskan dalam instruksi manual masing-masing produk TV, Anda bisa melepaskan penyangga seperti yang di instruksikan. Jika Anda memiliki TV Blu-ray internal atau TV dengan struktur khusus, penyangga mungkin tidak bisa dilepas.

4. Pasang Bracket ke Bagian Belakang TV

Cara Pasang Bracket TV

Pasang braket TV (braket sisi TV) sebelum mengebor lubang di dinding. Pasang di posisi di mana braket tidak menonjol dari TV dan jangan lupa kencangkan, untuk menjaga barcket tv menjadi longgar karena pergerakan bracket.

5. Beri Tanda Posisi

Cara Pasang Bracket TV

Selanjutnya tandai dan atur posisi yang tepat untuk braket tv Anda untuk memudahkan Anda pada saat pemasangan.

6. Pasang Landasan Bracket 

Cara Pasang Bracket TV

Pada tutorial ini Montirbox menambahkan sebilah lempengan papan sebagai pelapis bracket TV, hal ini berguna agar bracket tv mudah dibuka jika ingin dipindahkan. Kemudian pasang bracket pada sebuah papan atau bilah kayu, dan jangan lupa kencangkan skrupnya.

7. Pasang Bracket di Dinding

Cara Pasang Bracket TV

Bor atau paku kayu pada bracket TV yang sudah diberi landasan kayu ke dinding, pastikan semua dilakukan dengan benar agar bracket kokoh pada tempatnya.

8. Gantung TV ke Bracket

Cara Pasang Bracket TV

Terakhir silahkan Anda pasang dan gantungkan TV LED atau LCD Anda pada bracket, jangan lupa pastikan pengait bracket sudah tercantol dengan benar.

Untuk pengaturan arah posisi atas bawah TV LED, Anda bisa atur pada bagian belakang bracket tv. Atur arahnya sesuai keinginan Anda.

Cara Pasang Bracket TV

Demikian tadi tutorial cara pasang bracket TV LED / LCD  di dinding, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk Anda.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close