Skip to main content

2 Hal ini Sangat Penting bagi Kemajuan Bisnis

2 Hal ini Sangat Penting bagi Kemajuan Bisnis - Ada 2 hal yang seringkali disepelekan oleh kita dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Namun kenyataannya, 2 hal itulah yang menjadi faktor pembeda seorang pengusaha sukses dengan pengusaha kebanyakan. Apa sajakah itu?.

Sudah sering kita berangan-angan ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses. Siapa yang tidak ingin menjadi pengusaha sukses, apalagi yang kaya raya 7 turunan. Ada banyak faktor yang menjadikan seseorang itu menjadi pengusaha yang sukses. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang 2 hal yang sangat penting untuk kemajuan usaha.

2 Hal ini Sangat Penting bagi Kemajuan Bisnis

Dua hal tersebut seringkali kita sepelekan dalam menjalankan sebuah usaha. Namun ternyata, 2 hal itu adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan bisnis kita. Apa sajakah itu?

1. Manajemen Waktu
Setiap orang sama-sama diberikan waktu 86.400 detik setiap harinya. Namun bedanya, ada yang memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya, ada pula yang memanfaatkan waktu tersebut seadanya, bahkan ada yang menyia-nyiakan waktu yang dimilikinya. Keterampilan apapun yang Anda miliki akan menjadi tidak berguna jika Anda tidak mampu memanfaatkan waktu Anda dengan sebaik-baiknya.

Sebetulnya mau itu pengusaha atau pun bukan, manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Jika seorang pengusaha menerapkan manajemen waktu yang baik, maka usahanya akan cepat melesat meninggalkan pesaingnya yang lain. Bagaimana caranya? Caranya adalah buat agenda kerja. Tulis di buku agenda Anda, apa saja yang harus Anda lakukan hari ini.

Misalnya, hari ini Anda akan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan hari kemarin yang belum selesai, atau misalnya perusahaan Anda, masih berskala kecil atau menengah, dimana Anda juga turut terlibat dalam segala hal yang dilakukan perusahaan, maka tuliskan juga semua hal yang dapat Anda kerjakan hari ini dengan berfokus pada tujuan perusahaan yang telah Anda susun sebelumnya.

Berikutnya adalah tuliskan kemana saja Anda harus pergi hari ini. Misalnya hari ini Anda akan membeli barang dari supplier Anda, kemudian Anda akan menemui mitra kerja Anda dan lain-lain. Setelah dituliskan kemana saja tujuan Anda pergi hari ini, silahkan buka google maps, lalu susun rute perjalanan Anda se-efisien mungkin, tanpa harus bolak balik di jalan sehingga Anda bisa menghemat waktu sekaligus bensin.

Berikutnya adalah tuliskan juga ide-ide pemasaran apa lagi yang akan Anda coba praktekkan hari ini, dan sebagainya. Dengan menuliskan hal-hal tersebut diatas, maka Anda sudah punya gambaran tentang pemanfaatan 86.400 detik Anda untuk hari ini. Jika semuanya sudah Anda jalankan, maka Anda dapat menceklis atau memberi tanda centang di poin-poin agenda anda sebagai tanda bahwa pekerjaan-pekerjaan tersebut telah diselesaikan.

Kapan sebaiknya menulis agenda kerja harian Anda? Waktu yang paling tepat menurut saya adalah sebelum waktu subuh atau sesudah subuh. Karena pada saat itu suasananya tidak seramai siang hari. Kenapa gak malam hari saja? Karena malam hari itu waktunya istirahat, dan mungkin Anda sudah terlalu lelah untuk menulis. 

Di waktu subuh, karena suasananya masih sepi, tidak ada gangguan dan Anda juga sudah fresh karena sudah beristirahat, maka berpikir dan menulis akan menjadi hal yang ringan. Disaat para pesaing Anda masih tertidur lelap di saat-saat waktu subuh tersebut, disaat itulah Anda malah sudah siap untuk membuat perusahaan Anda bergerak maju.

Oh ya, dengan menulis agenda kerja kemudian mencentang atau menceklis pekerjaan yang sudah diselesaikan hari itu, maka itu juga dapat dikategorikan sebagai logbook atau jurnal harian Anda. Tuliskan juga permasalahan-permasalahan yang pernah Anda temui dalam mengelola usaha Anda pada logbook tersebut. Nantinya, catatan agenda harian sekaligus logbook Anda tersebut akan sangat berguna di kemudian hari dalam memecahkan permasalahan perusahaan.

Baca Juga : 16 Cara Mengembangkan Usaha Agar Cepat Menjadi Besar

2. Manajemen Prioritas
Apa itu prioritas? Prioritas adalah yang didahulukan atau yang diutamakan. Dalam hal ini Anda memprioritaskan hal yang terpenting dari yang paling penting. Seringkali kita dapati bahwa waktu kita habis hanya karena mengerjakan hal-hal yang sebenarnya kurang memberikan dampak bagi kemajuan bisnis kita, namun hanya berdampak pada keberlangsungan bisnis kita saja.

Anda harus bisa membedakan antara keberlangsungan bisnis dengan kemajuan bisnis. Keberlangsungan bisnis artinya apakah bisnis kita bisa bertahan apa tidak, sedangkan kemajuan bisnis adalah apakah bisnis kita mengalami kemajuan atau hanya disitu-situ saja. Dalam manajemen prioritas, tugas Anda adalah membuat skala prioritas, yaitu agenda-agenda harian yang sudah anda buat tadi di poin sebelumnya, Anda urutkan dari atas ke bawah berdasarkan dampak yang ditimbulkan bagi kemajuan bisnis Anda. 

Kemudian saat jam kerja dimulai, lakukan urutan pekerjaan tersebut sampai selesai satu demi satu. Jangan mengerjakan pekerjaan berikutnya sebelum pekerjaan yang sebelumnya selesai karena itu akan membuat pekerjaan di urutan pertama tadi, menggantung, dan lebih sulit untuk diselesaikan karena Anda akan semakin malas mengerjakannya.

Jika misalkan pekerjaan Anda di urutan atas adalah pekerjaan yang berat namun berdampak bagi kemajuan perusahaan, maka tidak ada pilihan lain selain menyelesaikannya meskipun dapat menyita banyak waktu. Seringkali kita dinasehati bahwa jika pekerjaan menumpuk, maka selesaikanlah yang ringan-ringan dulu. 

Otak kita pun merespon baik nasehat tersebut karena manusia memang cenderung untuk selalu menghindari kesusahan dan mengejar kemudahan dan hal itu memang sudah terprogram di alam bawah sadar kita sebagai bagian dari "self-defence mechanism". Di pikiran kita terbayang bahwa jika menyelesaikan pekerjaan yang berat dahulu maka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyesaikannya. Sehingga kita cenderung untuk memilih menyelesaikan pekerjaan yang ringan-ringan dulu.

Namun sayangnya, jumlah pekerjaan yang ringan-ringan tersebut sangat banyak sehingga waktu Anda akan banyak tersita untuk mengerjakannya dan pekerjaan berat yang memiliki dampak bagi kemajuan perusahaan kita pun malah terabaikan. Jika selama ini Anda cenderung untuk menghindarinya, Anda hanya menyelesaikan masalah-masalah sepele yang akan membuat Anda mendapatkan hal yang sepele juga. 

Hal itu akan sangat jauh berbeda jika Anda menggunakan waktu Anda seefektif dan seefisien mungkin untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terpenting bagi bisnis Anda. Dengan begitu, perusahaan Anda akan terbebas dari masalah terbesar tersebut dan perusahaan Anda akan lebih leluasa untuk bergerak lebih cepat.

Sekarang ini banyak orang yang tidak menyadari tentang pentingnya manajemen prioritas ini yang bisa membantu dalam pertumbuhan dan kemajuan bisnis. Jadi gunakanlah waktu 86.400 detik yang diberikan kepada Anda seefektif dan seefisien mungkin disertai dengan membuat skala prioritas atau daftar hal-hal yang harus Anda prioritaskan terlebih dahulu demi kemajuan bisnis Anda.

Banyak kasus yang terjadi, misalnya seorang pemilik online shop yang baru mulai dirintisnya, berniat mempromosikan barang di media sosial, seperti facebook dan instagram. Namun kenyataannya, si orang tadi malah sibuk balas-balas komentar di postingan orang lain dan terus scroll scroll ke bawah sampai akhirnya lupa waktu. 

Itulah contoh sederhananya jika kita tidak berusaha menerapkan manajemen waktu dan manajemen prioritas di bisnis kita. Dengan menerapkan 2 hal tadi yaitu Manajemen Waktu dan Manajemen Prioritas, usaha Anda akan berjalan dengan efektif dan efisien sehingga akan lebih cepat maju, lebih cepat mencapai tujuan dan anda akan lebih cepat sukses.

Demikianlah pembahasan mengenai manajemen waktu dan manajemen prioritas yang bisa kita bahas hari ini. Semoga sukses.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close