Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Efek Gitar Metal murah dan mudah

Cara membuat efek gitar metal murah dan mudah - Apakah kamu adalah seorang gitaris?, atau cuma sekedar hobi dalam memainkan sebuah gitar?. Bagi seorang yang berkecimpung dibidang musik atau hanya penikmat musik pasti tidak asing lagi dengan yang namanya gitar listrik/elektrik, dan pasti kenal juga dengan alat yang bernama efek gitar, yap... alat ini berfungsi untuk mengubah suara gitar menjadi lebih bervariasi, bunyi yang dihasilkan bisa lebih tajam, melengking, mengema, dan lainnya.

Efek gitar biasa dipakai untuk gitar elektrik atau musik yang ber-genre Rock, atau sebagian orang menyebutnya musik metal. Bagi penyuka musik rock tempo dulu pasti kenal dengan gitaris legendaris yang bernama Yngwie Malmsteen. Setiap penampilannya, petikan dan cabikan gitarnya membuat penontonnya selalu terkesima, ditambah dengan suara efek gitar nya yang bisa menghasilkan bermacam-macam nada dan suara. Oh ya sob, di artikel ini saya ingin membagikan tentang cara membuat efek gitar metal, tentu saja dengan budget yang terjangkau untuk kantong kita.

efek gitar

Banyak bermacam efek gitar yang dijual di masyarakat, mulai dari harga yang termurah hingga harga yang selangit. Walaupun kita mendapat harga yang termurah untuk efek gitar jika kita membelinya, tapi harganya masih sangat berbanding jauh jika kita membuat sendiri efek gitar metal ini. Skema efek gitar yang akan saya bagikan ini sangat sederhana, dan komponen yang kita gunakan juga sangat murah dan sedikit, cocok bagi pemula seperti kita jika ingin merakit sebuah efek gitar metal.

Walaupun skema efek gitar distorsi ini sangat sederhana dan memakai komponen yang minim, namun suara yang dihasilkan tidak kalah dengan efek gitar metal yang banyak dijual di toko toko musik yang ada di pasaran. Dengan hanya menggunakan sebuah komponen utama yaitu IC 741, efek gitar ini mampu menghasilkan suara layaknya seperti pemain-pemain gitar professional.

Baiklah sobat, bagi yang ingin mencoba merakitnya silahkan saja di save skema efek gitar distorsi dibawah ini :

skema efek gitar distorsi

Untuk daftar komponennya, silahkan dicatat pada keterangan dibawah ini :

RESISTOR

R2 - 1 M
R3 - 1 M
R4 - 1 M
R5 - 10 K
R6 - 4K7 (4.7K)
R7 - 500 K LOG POTENSIO
R8 - 1 M
R9 - 10 K
R10 - 50 K LOG POTENSIO

KAPASITOR

C1 - 1 UF
C2 - 0.01 UF
C3 - 0.001 UF
C4 - 0.047 UF
C5 - 10 PF
C6 - 1 UF
C7 - 0.001 UF

IC

IC1 - 741

Bagaimana sobat?, tertarik untuk membuatnya?, itulah tadi artikel tentang cara membuat efek gitar metal murah dan mudah, semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari skema efek gitar distorsi.

Posting Komentar untuk "Cara membuat Efek Gitar Metal murah dan mudah"