Skip to main content

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus - Unggas terutama ayam merupakan salah satu sumber protein utama bagi manusia walaupun sekarang banyak protein selain daging ayam, namun masyarakat lebih memilih daging ayam sebagai sumber protein. Seiring berkembangnya populasi manusia maka kebutuhan akan daging ayam akan semakin tinggi. Tingginya kebutuhan masyarakat akan daging ayam membuat proses pengembangbiakan menjadi sangat penting. Kenyataan tersebut membuat kebutuhan yang begitu tinggi terhadap daging ayam yang tidak diimbangi dengan proses pengembangbiakan yang optimal.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Banyak faktor yang menyebabkan telur ayam tidak menetas, misalnya seperti faktor suhu (Temperatur), ventilasi (ventilation), kelembaban udara (humidity) dan posisi telur saat di inkubator. Kemampuan induk ayam yang hanya dapat mengerami satu telur dan hanya satu induk saja merupakan salah satu faktor yang mendorong kita mencari alternatif penetas telur lain selain dari induk ayam. Untuk itulah disini saya ingin membagikan cara membuat mesin penetas telur dari kardus, lumayan bisa menekan biaya, daripada membeli mesin penetas telur yang harganya lumayan mahal.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Dalam menetaskan telur, ada dua cara yaitu penetasan secara alami dan penetasan secara buatan. Penetasan secara alami yaitu penetasan dengan menggunakan induknya atau jenis unggas lain dan yang kedua adalah penetasan secara buatan, yaitu dengan menggunakan alat penetasan atau mesin tetas dan sering pula disebut sebagai incubator. Pada industri-industri pembibitan ternak unggas (breeding farm), biasanya digunakan mesin tetas modern dengan kapasitas yang cukup banyak.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Reproduksi ayam kampung secara alami dengan cara pengeraman telur oleh induknya sendiri mengakibatkan produktivitas ayam kampung kurang maksimal, disebabkan karena induk harus mengerami telur selama 21 hari dengan kapasitas jumlah telur yang sangat terbatas, yaitu sekitar 10 hingga 12 butir. Kemudian sang induk akan memelihara anaknya hingga cukup kuat untuk mencari makannya sendiri-sendiri. Untuk mengatasi masalah peningkatan produktivitas ternak ayam kampung tersebut, maka dilakukan alternatif penggunaan alat tetas telur ayam kampung buatan sendiri yang tentu saja akan meningkatkan produktifitas peternak meningkat dan menguntungkan peternak serta dapat meningkatkan kesejahteraan peternak.

Baca Juga : Cara membuat perangkap nyamuk dari botol plastik bekas

Sebelum kita masuk ke cara membuat mesin penetas telur dari kardus , saya ingin sedikit menjelaskan faktor apa saja yang bisa mempengaruhi proses penetasan. Beberapa faktor yang sangat berpengaruh dan harus menjadi perhatian khusus selama proses penetasan berlangsung adalah :

Panas
Sumber panas, karena alat penetas ini sumber panasnya dari energi listrik dan sebagai media penghantar panasnya menggunakan lampu pijar, maka selama proses penetasan berlangsung lampu pijar harus diusahakan tidak terputus, kalau lampu pijar terputus harus segera diganti. Lampu pijar harus mampu menghantarkan panas yang dibutuhkan untuk penetasan yakni 102ºF (39ºC), untuk menjaga kestabilan suhu digunakan alat yang namanya termoregulator.

Air
Air, berfungsi sebagai bahan untuk mempertahankan kelembaban didalam ruangan alat penetas telur, oleh karena itu air didalam alat selama proses penetasan berlangsung tidak boleh kering. Kelembaban yang dibutuhkan pada penetasan umur 1 hari–20 hari adalah yang ideal antara 60%-70%, sedangkan pada hari ke 21 sampai menetas membutuhkan lebih tinggi yaitu 75%.

Operator
Operator, adalah orang yang mengoperasikan alat penetas telur. Tugas operator selama penetasan adalah :
1. Mengatur suhu ruangan alat penetas sesuai dengan suhu yang ditentukan.
2. Mengatur dan mengontrol kelembaban ruangan alat penetas.
3. Mengatur ventilasi alat penetas.
4. Melakukan pembalikan / pemutaran telur.
5. Melakukan pemeriksaan telur dengan alat teropong.
6. Mencatat semua kegiatan yang dilakukan selama penetasan berlangsung.

Baiklah sobat, jadi bagaimana Cara membuat mesin penetas telur dari kardus ini?, silahkan dibaca pada tulisan dibawah ini :

1. Siapakan bahan-bahan yang akan digunakan untu membuat mesin penetas telur dari kardus seperti :
- Kardus
- Air putih beserta wadahnya
- Serbuk kayu (bisa dibeli di pabrik pembuatan mebel,dsb)
- Lampu pijar 15 watt
- Dan tentu saja telur yang akan di eramkan.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

2. Letakkan air putih beserta wadah pada sudut kotak kardus, air ini berfungsi untuk menjaga kelembaban suhu didalam kotak kardus.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

3. Lalu taburkan serbuk kayu didasar kotak karton secara merata dengan ketebalan sekitar 5 cm.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

4. Susun telur kedalam kotak secara perlahan, jangan sampai terguncang. Telur perlu dibalik posisinya satu kali setiap hari, hal ini bertujuan agar telur mendapatkan panas yang merata. Beri tanda pada satu sisi telur dengan spidol untuk mengetahui apakah telur sudah dibalik apa belum. Perlu diingat, pembalikan telur harus sesuai jadwal, jika sobat membalikkan telur pada pukul 8 pagi, maka keesokan harinya sobat harus membalikkan telur tepat pada jam 8 pagi juga, jadi harus ontime.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

5. Terakhir pasang lampu pijar 15 watt tadi tepat diatas wadah air dan tutup kotak kardus dengan rapat.

Cara membuat mesin penetas telur dari kardus

Bagaimana sobat, sangat simple sekali bukan?, hampir tidak ada biaya dalam membuat penetas telur dari kardus ini, bagi sobat yang beternak ayam dirumah tidak ada salahnya mencoba. Demikian tadi sedikit artikel saya mengenai cara membuat mesin penetas telur dari kardus, semoga tulisan ini bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close