MONTIRBOX.COM

Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya (Blank)

Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya - Hari ini saya kedatangan tamu service PS2 fat seri 18000 dengan kerusakan kata si empunya tidak ada tampilan layar di TV. Jadi setelah dinyalakan dan di cek mesinnya menyala dan lampu indikator PS2 nya berkedip dan ternyata benar di layar TV tidak menampilkan gambar sama sekali.

Pertama sekali saya cek semua tegangan-tegangan yang diperlukan dan juga semua fuse siapa tahu ada yang short...eh putus (fuse semua normalnya ya short hehehe.., jadi teringat sama guyonan rekan rekan tuser yang katanya "Jangan lupa cek fuse nya siapa tahu short" ada-ada saja :D).


Oke sobat, kembali ke pembahasan Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya, setelah saya cek satu-persatu tegangannya, ternyata ada satu IC regulator yang tegangannya kurang, letak IC nya berada dekat dengan jack video out AV.


Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya

Tegangan yang dibutuhkan untuk IC regulator tersebut seharusnya 12v, tetapi ternyata tegangannya drop hanya 1 koma sekian volt saja. Nah sobat, ternyata disinilah letak penyebabnya kenapa PS2 nya tidak ada tampilan layar ke TV.

Saya coba urut jalur yang drop kemana arah dan sumbernya ternyata sangat sulit sekali karena jalur yang dipakai sangat-sangat halus sekali, terlebih lagi jalur PCB nya dua lapis atas dan bawah sehingga cukup kesulitan untuk melacaknya.

Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya


Baca Juga

"Hmmm... bagaimana ini ya?" pikir saya, apakah mesti diterapkan jurus pamungkas?  (pura-puranya ini lagi main silat hehehe..). Akhirnya saya mengambil keputusan mencari selembar kabel dan menggunakan kabel tersebut untuk men-jumper tegangan dari tegangan 12v sumber ke IC regulator tadi yang tegangannya hilang.


Setelah saya jumper lalu saya coba tes dan hidupkan, dan ...... eng ing eng... layar matrix langsung muncul di TV. Alhamdulillah, PS2 sudah berhasil diperbaiki walaupun dengan cara tuser abal-abal hehehe...

Oh ya sobat, cara ini jangan ditiru ya, cara ini digunakan sebaiknya apabila terdesak tidak ketemu kerusakannya dan...tidak punya duit lagi ..hehehe..

Labels: PS2

Thanks sudah membaca Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya (Blank). Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara memperbaiki PS2 yang tidak ada gambarnya (Blank)"