MONTIRBOX.COM

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi - Di zaman sekarang ini, ruang lingkup pemyimpanan data telah meningkat dari waktu ke waktu, kertas sebagai saran  untuk penyimpanan data pribadi telah mulai tergantikan dengan penyimpanan portabel salah satu yang namanya kartu SD atau memory card.

Dorongan dalam digitalisasi telah mengubah memory card menjadi media penyimpanan yang paling nyaman dan murah, yang juga dapat melindungi data pribadi dengan kemampuan enskripsi untuk konten yang dilindungi

memory card terbaru semakin disempurnakan agar lebih cepat dalam pembacaan data dan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, memory card banyak digunakan untuk camcorder, pemutar musik, smartphone, tablet, kamera digital, dan perangkat portabel lainnya

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi


Baca Juga


Namun memory card sangat rentan terhadap kerusakan, seperti peformatan yang tidak disengaja, atau kerusakan yang menyebabkan hilangnya semua file foto, video, dan audio yang tersimpan.

Biasanya situasi ini ditunjukkan dengan pesan error atau kesalahan. Jika tidak ditangani dengan benar, kita dapat kehilangan data permanen dimana pemulihan atau perbaikan memory card menjadi sulit, selain itu memory card memiliki masa hidup yang terbatas, sehingga setelah jangka waktu tertentu memory card akan menjadi rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Berikut ini tanda tanda memory card sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan :

- Layar hitam muncul bersama dengan pesan kesalahan 'memory card tidak dapat diakses', file atau direktori rusak tidak dapat dibaca. Sebagian besar foto di memory card hilang

- Ketika kita mencoba untuk membaca memory card  melalui sistem, tidak ada folder yang muncul atau folder tidak terbuka dan menampilkan pesan error 'baca/tulis kesalahan pada memory card', yang artinya perangkat kita tidak bisa membaca atau mendeteksi memory card tersebut.

- Ada pemberitahuan 'memory card error' atau 'memory card rusak' saat mencoba mengakses foto atau video yang tersimpan di memory card

- Kita dapat melihat memory card di kamera serta di system tetapi tidak dapat menyalin isi konten dan mendapat pesan kesalahan bahwa disk 'write protected'.

- Memory card terbaca oleh PC tetapi kita tidak dapat melihat foto atau video yang tersimpan, diikuti dengan munculnya pesan 'memory card tidak diformat, apakah anda ingin memformatnya sekarang?'

- Tidak dapat menambahkan, menghapus, menyalin atau menyimpan apapun di memory card tersebut

Apabila memory card rusak, tidak ada jaminan kita akan bisa memperbaikinya kembali. Dalam kerusakan fisik kita mungkin tidak dapat memperbaikinya, tapi kalau kerusakan atau kesalahan logis dapat diatasi dengan beberapa cara sederhana.

Berikut ini cara yang bisa kita coba untuk memperbaiki memory card yang rusak atau mendeteksi kesalahannya :

1. Hubungkan memory card ke berbagai perangakat yang berbeda.
Kadang-kadang bebrapa perangkat tidak bisa membaca memory card tertentu atau tidak kompatibel.

2. Menggunakan perintah chkdsk.
Ketik "chkdsk" diikuti dengan huruf drive, titik dua dan / f pada prompt perintah : , masukkan memory card dan hubungkan ke perangkat. Klik pada opsi "Start" dari taskbar windows kemudian pilih opsi "Computer", cari kartu memori dibawah "Device With Removale Storage" dan catat drive yang tertera.
Selanjutnya kilik opsi "Start" lagi dan ketik "cmd" di kotak "search", klik kanan "cmd" kemudian pilih opsi "Run as Administrator". Jendela perintah terbuka, dan kita dapat memperbaiki memory card yang rusak disini.

Selanjutnya ketik"chkdsk" diikuti oleh huruf drive yang sesuai dengan memory card, kemudian titik dua dan / f. Setelah menekan "enter", chkdsk akan memeriksa kesalahan  dan mecoba memperbaiki memory card yang rusak. Ikuti perintah pesan selanjutnya, lalu cek drive memory card tadi apakah sudah normal dipulihkan atau belum


3. Ganti nama drive baru.
Sambungkan memory card ke perangkat, apabila tidak muncul nama drive untuk memory card tersebut berarti kartu memori tidak bisa terbaca. Dalam beberapa kasus kita harus bikin nama drive baru ke memory card tersebut, bisa dengan software pihak ketiga seperti Easeus Partition Wizzard atau sejenisnya.


4. Gunakan Sandisk in-built
Jika tidak ada file yang dapat dibaca, maka kemungkinan direktori akan mencantumkan nama file. Tetapi file tidak dapat diakses. Kita dapat mengklik kanan pada huruf drive dan memilih "properties". apabila menunjukkan semua atau hampir semua ruang kosong, maka semua file telah dihapus atau direktori telah dihapus. Dalam hal ini kita dapat menggunakan solusi Sandisk inbuilt yang dapat memulihkan semua file yang telah dihapus dengan mudah

5. Format Memory Card
Jika kita dapat membaca semua file tetapi tidak dapat menyimpannya, maka memory card berada dalam mode "write protected". Buka kunci write protected untuk menyimpan dan memodifikasi file pada memory card.
Jika masih tidak dapat membaca dan menulis ke kartu memori, kemungkinan file telah hilang atau sudah tidak dapat di akses.

6. Pasang Kembali Driver
Kita dapat mencoba menginstal ulang driver
Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut :
- klik kanan pada My Computer/PC. Klik pada opsi kelola
- klik pada opsi Device Manager disisi kiri
- klik kanan pada nama driver yang ingin dihapus
- klik uninstall dan klik ok
- matikan PC lalu hidupkan kembali
- sambungkan kembali memory card  dan PC otomatis akan mendeteksi dan menginstal drivernya.


Semoga Membantu.

Labels: PC

Thanks sudah membaca Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Atau Tidak Terdeteksi"