MONTIRBOX.COM

Cara Cepat Mencari Dan Melacak Jalur PCB

Cara Cepat Mencari Dan Melacak Jalur PCB - Tips ini akan menunjukkan cara untuk membuat alat yang akan memungkinkan sobat untuk dengan mudah dan cepat menemukan dan melacak jalur PCB. Apakah sobat adalah seorang pembuat PCB atau seorang yang sering memodifikasi atau memperbaiki 


Alat ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga. 
Terjebak dengan menemukan jalur pada PCB yang berlapis-lapis? Tidak masalah! Berikut adalah solusi cepat, mudah dan tanpa biaya untuk membuatnya.

Kenapa cara ini digunakan?, Jika sobat menggunakan probe multimeter standart, sobat harus menyentuh setiap titik disolder di papan untuk melihat jika terhubung ke elemen Anda mencari titik yang terhubung satu-persatu, cukup membosankan dan memakan cukup waktu.  

Cara Cepat Mencari Dan Melacak Jalur PCB


Adapun caranya adalah dengan menggunakan sepotong aluminium foil sobat akan dapat mencari koneksi PCB wilayah yang lebih besar yang akan meminimalkan waktu dan upaya yang dihabiskan untuk pekerjaan itu.Alat yang dibutuhkan:

   -
multimeter
   -
Kawat (+ kawat dengan klip buaya)
   -
Sepotong aluminium foil
   -
Wire cutter 


Ambil selembar aluminium foil dan membungkusnya di sekitar kawat. Sobat perlu sepotong alumunium foil yang setidaknya 5 x 5cm besarnya. Sekarang bungkus aluminium foil disekitar jari telunjuk sobat, lalu sambungkan kabel yang berasal dari foil ke salah satu kabel multimeter seperti menggunakan klip buaya. 

Lakukan tes menyentuh kawat multimeter kedua untuk foil di jari sobat. Pada multimeter harus menunjukkan resistance sekitar 0 ohm. Kemudian gunakan jari sobat yang telah dibungkus alumunium foil tadi untuk menyentuh semua titik solderan baik bagian atas PCB maupun bagian bawah PCB, ingat nilai resistansinya harus menunjukkan nilai 0 ohm ya sobat.


Dengan demikian sobat akan mencakup lebih luas lebih cepat dan ketika sobat mendengar bunyi multimeter sobat telah menemukan jalur yang sobat cari pada PCB. Jadi Sekarang hanya dibutuhkan waktu dalam hitungan detik untuk menemukan jalur yang menghubungkan komponen pada PCB. Gampang bukan?

Labels: TIPS

Thanks sudah membaca Cara Cepat Mencari Dan Melacak Jalur PCB. Silahkan share artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Cepat Mencari Dan Melacak Jalur PCB"