Cara memperbaiki lampu led yang mati atau rusak dengan alat sederhana

Tutorial cara memperbaiki lampu led di artikel ini merupakan hasil pengalaman pribadi, kerusakan bisa saja berbeda dan tentu saja berbeda pula cara penanganannya.


Cara memperbaiki lampu led yang mati atau rusak dengan alat sederhana – Sebelum kita memperbaiki lampu led, ada baiknya kita simak dulu pembahasan berikut ini :
LIGTH EMITING DIODE atau yang sering kita sebut Led adalah salah satu jenis lampu yang ada didunia dan semakin banyak diminati saat ini. Lampu Led ini dapat dipasang dibanyak benda seperti lampu utama kendaraan bermotor, televisi, lampu untuk rumah tangga, dan banyak lainnya.

Ada banyak alasan mengapa kita lebih memilih menggunakan lampu led ini ketimbang jenis lampu lain, bohlam misalnya. dibanding bohlam jelas lebih baik dalam banyak aspek, lampu LED sinarnya lebih terang ditambah dengan konsumsi listrik yang jauh lebih rendah. begitu pula dengan aspek masa pakai. LED punya umur yang lebih panjang, namun begitu LED tetap ada aspek negatifnya yaitu:

Cara memperbaiki lampu led yang mati atau rusak

1. Jika satu buah lampu led rusak walaupun hanya satu lampu saja maka seluruh lampu led akan ikut mati

2. karena warna nya yang putih ia sebetulnya kurang maksimal dalam memberikan fisibilitas ketika hujan

Semua uraian diatas adalah fakta-fakta yang umum yang mungkin sudah banyak orang ketahui, namun ada beberapa fakta lain yang menarik terkait lampu LED atau LIGHT EMITING DIODE. apa sajakah itu?

1. LED adalah jenis pencahayaan solid state yang menggunakan semikonduktor untuk yang menkonversi listrik menjadi cahaya

2. sudah ada 49 juta lampu LED dipasang di Amerika  Serikat sepanjang 2012 lalu, angka ini dikalkulasi menghemat biaya energi tahunan sebesar 675 juta dolar Amerika, dikatakan jika semua lampu diganti LED dalam 2 dekade nanti uang yang dihemat  bisa mencapai 250 milyar dolar Amerika plus mengurangi 1,8 juta metrik ton emisi karbon, ini adalah hitungan kasar di Amerika Serikat saja, tentu angkanya akan semakin besar jika dikalkulasikan diseluruh dunia

3. Antara 2011 sampai 2012 penjualan global LED yang menggantikan bohlam naik sampai 22%, diperkirakan pada 2030 75% lampu yang terjual adalah LED

4. Sejak departemen energi Amerika Serikat memulai riset solid state lightning pada 2000 proyek ini membahas bagaimana pengembangan material baru meningkatkan intensitas cahaya serta solusi atas beberapa masalah LED

5. LED tidak mengandung merkuri, sebuah study yang dilakukan departemen energi Amerika Serikat    bahkan menyimpulkan bahwa dampak lingkungan LED jauh lebih sedikit ketimbang bohlam

6. LED sudah dipakai banyak sekali benda,  termasuk lampu lalu lintas, lampu rem, TV, dan lain-lain.ini tak lain disebabkan karena karakter LED yang unik, seperti berukuran kotak, mudah diperbaiki dan cahaya nya yang fokus

7. LED menggunakan energi jauh lebih efisien ketimbang lampu bohlam sementara 90% energi yang keluar dibohlam adalah panas adalah maka LED tidak

8. LED dengan kualitas yang baik dapat bertahan dari 25 ribu jam atau 25 kali lebih awet ketimbang bohlam 25 ribu jam, setara dengan 3 tahun lebih. dengan asumsi itu dinyalakan dalam waktu 24 jam perhari dan 7 hari dalam seminggu.

Oh ya sobat, jadi agak melenceng sedikit 😀 , Ketika kita mempunyai lampu led yang rusak atau mati jangan dibuang dahulu karena masih bisa kita perbaiki. kembali kita ke pembahasan bagaimana cara memperbaiki lampu led. silahkan disimak ya sob langkah-langkahnya berikut ini :
 

Cara memperbaiki lampu led yang mati atau rusak

– Pertama kita buka dulu kap penutup lampunya dengan cara diputar

– Setelah dibuka terkadang akan kelihatan ada bekas serpihan seperti kertas atau semacam alumunium, itu merupakan serpihan dari bekas elco yang meledak

– Lalu kita lepasakan pcb nya dari case dan setelah dilihat ternyata ada komponen yaitu elco yang bentuknya sudah tidak utuh lagi, elco itulah yang meledak, elco tersebut berukuran 47 mikrofarad 63v. langsung saja kita ganti elco tersebut.

– Selanjutnnya kita lanjut ke tahap pengecekan lampu led satu persatu.
– Gunakan avometer dengan skala 1 ohm untuk mengeceknya. cek satu-persatu hingga ditemukannya led yang sudah putus atau rusak. terkadang lebih dari satu led yang rusak tergantung tingkat keparahannya.
– Saat di cek dengan avometer jika lampu menyala berarti led tersebut bagus, begitu pula sebaliknya

– Setelah menjumpai led yang rusak sobat bisa langsung mengganti led tersebut dengan yang baru.jangan lupa plus minusnya jangan sampai terbalik ya.
– Jika sobat tidak mempunyai pengganti lampu led nya sobat bisa men-jumper saja dengan selembar kabel, tapi cara ini tidak disarankan ya sob, karena daya tahannya akan berkurang.

Nah, itulah sedikit pembahasan bagaimana cara memperbaiki lampu led yang rusak atau mati. semoga artikel ini bermanfaat.

READ:  Fungsi Kapasitor Kipas Angin
Sharing Is Caring:

Leave a Comment