Skip to main content

Perbedaan Headset dan Earphone

Apa perbedaan headset dan earphone? kedua perangkat ini memiliki fungsi yang sama, tetapi memiliki perbedaan utama yang perlu diketahui. Di bawah ini, kita akan melihat sekilas perbedaan headset dan earphone, dan apa yang mendefinisikan masing-masing perangkat yang berbeda ini, serta memberi pengguna sedikit panduan untuk membantu mereka memutuskan mana yang mereka cari.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa headset adalah istilah yang mencakup segalanya. Namun, orang sering menyebut headset sebagai jenis headset penutup telinga sementara mereka menyebut earphone sebagai jenis headset yang dipasang di telinga.

  • Earphone: umum di pasar konsumen; pasar medis, dan pasar monitor in-ear profesional.
  • Headset: juga umum di pasar konsumen tetapi juga populer di industri audio, film, dan penyiaran profesional.

Apa perbedaan headset dan earphone? Perbedaan yang paling jelas adalah faktor bentuknya, earphone kecil dan dibuat pas di dalam telinga, sedangkan headset biasa lebih besar dan dirancang untuk diletakkan di atas telinga. 

Baca Juga : Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke hp



Perbedaan Headset dan Earphone

Apa itu Headset?

Headset secara umum mengacu pada transduser suara yang Anda kenakan di kepala Anda. Definisi ini mencakup earphone dan headset. Namun, ketika membandingkan headset dengan earphone, mereka dapat mengambil definisi yang lebih spesifik. Definisi headset yang lebih spesifik adalah sepasang transduser yang dikenakan di kepala dengan cangkir yang menekan atau di sekitar telinga.

Sebuah headset pada dasarnya satu set headphone yang dilengkapi dengan mikrofon. Mikrofon headset dapat berupa mikrofon boom, dimana mikrofon dipasang pada boom yang dapat digerakkan sesuka hati dan diposisikan sesuai keinginan, atau mungkin fitur mikrofon in-line. Mikrofon jenis ini terpasang pada kabel yang menghubungkan headset ke komputer atau perangkat lain.

Headset ideal untuk berbagai penggunaan. Mereka adalah pilihan alami untuk komunikasi voice over IP dengan layanan seperti Skype, serta antarmuka dengan sistem telepon. Headset juga sempurna untuk bermain game online dengan komunikasi suara. Dengan headset, pendengar tenggelam dalam pengalaman mendengarkan mereka.

Apa Itu Earphone?

Earphone berbeda dengan headset, duduk di saluran telinga. Driver mereka menghasilkan suara di dalam saluran telinga daripada di luar saluran telinga. Earphone secara efektif merupakan speaker in-ear, dimasukkan ke dalam saluran telinga. Earphone menyediakan koneksi yang lebih langsung ke sumber suara, earphone memindahkan udara lebih sedikit daripada headset, karena earphone hanya perlu menggetarkan sedikit udara di dalam saluran pendengaran pengguna.

Earphone menjadi pilihan ideal bagi orang-orang yang sedang bepergian. Oleh karena itu, earphone adalah pilihan yang cocok untuk atlet, pelari, dan penonton gym yang memainkan pemutar MP3 mereka sambil berolahraga. Namun, desain earphone memiliki efek knock-on pada peredam bising, terlebih lagi beberapa orang merasa tidak nyaman memakainya karena mereka duduk di dalam saluran telinga. Namun, bagi mereka yang menyukai atau bahkan lebih menyukai pengalaman ponsel telinga, kontur yang lebih kecil dan ergonomis bisa sangat nyaman.

Perbedaan Headset dan Earphone

Ada dua perbedaan langsung yang Montirbox perhatikan antara headset dan earphone, yaitu ukuran dan cara pemakaiannya. Perbedaan ukuran sangat penting untuk ukuran driver, sementara driver headset sering kali berukuran antara 20mm – 50mm, ukuran driver earphone biasanya dibatasi hingga 8mm – 15mm. 

Ukuran driver mengacu pada diameter diafragma driver. Secara fisik tidak mungkin memasang diafragma 50mm dalam desain earphone agar sesuai dengan saluran telinga pendengar. Meskipun secara fisik dimungkinkan untuk menempatkan driver 8mm ke dalam sepasang headset, ukuran driver yang kecil kemungkinan tidak akan efektif untuk mendorong udara yang cukup untuk menghasilkan suara yang kuat. Hal ini terutama berlaku untuk frekuensi bass. Untuk membuktikan hal ini, coba tarik earphone secara perlahan dari telinga Anda dan Anda akan melihat penurunan suara low-end dengan cepat.

Perbedaan jelas lainnya adalah bagaimana mereka sering dipakai. Headset memerlukan semacam ikat kepala untuk menghubungkan kedua earcup dan menahannya di tempatnya. Cangkir telinga headset tidak dapat dimasukkan ke dalam saluran telinga. Earphone mungkin memiliki semacam ikat kepala (terutama bila dikombinasikan dengan mikrofon di headset). Namun, ini tidak perlu dan sebagian besar earphone hanya cocok dengan saluran telinga pendengar.

Persamaan Headset dan Earphone

Setelah menunjukkan perbedaan headset dan earphone, berikut adalah daftar persamaan antara headset dan earphone:

  • Transduser yang mengubah sinyal audio (energi listrik) menjadi gelombang suara (energi gelombang mekanik).
  • Posisinya dekat dengan telinga.
  • Pilihan untuk penggerak kumparan dinamis, magnet planar, atau elektrostatik.
  • Kemampuan peredam bising nirkabel dan aktif.
  • Berbagai perbedaan kualitas suara di antara model.

Headset adalah earphone yang keduanya dirancang untuk mengambil sinyal audio dan mengubahnya menjadi suara. Mereka bahkan menggunakan banyak jenis driver yang sama (desain transduser) untuk mengubah audio menjadi suara.

Jenis driver yang paling umum di headset dan earphone adalah dinamika kumparan bergerak. Namun, driver magnetik dan elektrostatik planar juga digunakan untuk melakukan konversi yang sama dengan cara yang berbeda. Driver magnetik dan elektrostatik planar dapat ditemukan di headset dan earphone.

Akhirnya, sangat penting untuk menunjukkan bahwa baik headset atau earphone tidak lebih baik dari yang lain. Ini sangat spesifik untuk diaplikasikan. Semoga pembahasan tentang perbedaan headset dan earphone ini bisa bermanfaat.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close