Skip to main content

Penyebab Hp Cepat Rusak dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan

Penyebab Hp Cepat Rusak dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan - Apakah kamu menjalin hubungan yang baik dengan ponselmu? kamu merawatnya dengan baik, menyayanginya, dan selalu ada di dekatnya. Tapi, apa kamu yakin hubungan itu tidak bermasalah? Bisa jadi kalau kamu sering melakukan kesalahan umum berikut. Ini adalah kesalahan yang tanpa kamu sadari paling sering kamu lakukan saat menggunakan ponsel.

1. Menunduk menatap layar
Pernahkah kamu mendengar "Text Neck"? Ini terjadi akibat kamu terus-menerus menunduk dan melihat layar ponsel, benar-benar membuat sakit leher. Percayalah, hal ini juga merusak postur dan sering membuat sakit kepala. Mencegah lebih baik daripada mengobati, jadi genggam ponsel setinggi mata dan buat lehermu selurus mungkin.

Penyebab Hp Cepat Rusak

2. Mengecas dengan sembrono
jika pengisi dayamu rusak hanya dalam beberapa bulan itu bukan karena produsen ponsel mau memberi barang palsu, mencolok ponsel dengan sembrono atau mencabut paksa pengecas dari stop kontak (misalnya karena sedang terburu-buru), kamu baru saja memperpendek umur pengecasmu dan membuat hp cepat rusak. Komponen listrik lebih halus daripada yang kamu pikirkan, jadi jagalah supaya lebih awet.

3. Tidak memperbarui perangkat lunak
Saat ada pemberitahuan pembaruan di ponsel, ikuti saja. Produsen mengembangkannya dengan satu alasan, mereka memperbaiki kesalahan dan melindungi ponselmu dari ancaman, memang menghabiskan ruang penyimpanan tapi itu sangat penting. Selama diunduh dari sumber terpercaya pastinya 100% aman.

4. Tidur dengan ponselmu
Ia membangunkanmu, dan jadi hal pertama yang kamu lihat di pagi hari agar tidak ketinggalan informasi. Tapi Ponsel adalah pemancar dan penerima gelombang kecil elektromagnetik, artinya ia memancarkan gelombang radio. Para ilmuwan masih meneliti seberapa bahaya ini bagi otakmu, tapi yang pasti adalah bunyi notifikasi di malam hari bisa mengacaukan siklus tidurmu. Jika kamu tidak mau mematikan dan meletakkannya di tempat lain, setidaknya aktifkan mode pesawat saat tidur.

5. Terpapar cahaya biru terlalu lama
Paparan cahaya dari layarmu menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidurmu. Ini alasan lain kamu jangan tidur di dekatnya, cahaya biru membuat mata bermasalah dan sakit kepala, coba atur ulang agar cahaya pada ponselmu dan nyalakan filter cahaya biru. Kamu bisa melakukannya di pengaturan tampilan dan kecerahan ponselmu, ini akan mengubah pencahayaan secara otomatis saat mode malam.

6. Selalu menyentuhnya
Ponselmu akan memanas saat digunakan, dan kulitmu menyerap panasnya setiap kali kamu menyimpannya didekatmu. Sekali lagi, para ilmuwan belum memastikan apa efek gelombang radio pada tubuh manusia, tetapi lebih baik ambil aman daripada menyesal. Menjaga jarak dengan ponsel bisa menyerap lebih sedikit kemungkinan sinyal berbahaya yang dipancarkan ponselmu.

Bahkan meski kamu tidak takut dengan gelombang radio, layar yang kotor dapat menyebabkan masalah kulit pada pipimu, coba gunakan headset atau mode pengeras suara saat kamu menelpon.

7. Membiarkannya terpapar sinar matahari
Kamu mungkin suka berjemur, tapi ponselmu sangat tidak menyukainya. Sinar matahari dan panas berlebih bisa membuat hp cepat rusak luar dalam, hal ini bisa membuat layar mu tidak tajam, retak, dan kehilangan fungsi layar sentuh, juga membuat baterainya panas dan bahkan membengkokkan papan sirkuit di dalam ponsel, jadi jangan tinggalkan ponselmu di mobil yang panas atau di bawah sinar matahari langsung. Jika kamu membawanya ke pantai, simpan di dalam tasmu di tempat teduh.

8. Menyimpannya di saku belakang
Hal ini salah satu penyebab hp cepat rusak. Tubuhmu juga merupakan sumber panas, dan kamu sudah tahu efek panas pada ponselmu. Tdak adanya sirkulasi udara di sakumu hanya memperburuk keadaan, kamu juga mungkin lupa lalu mendudukinya, dan menghancurkan atau membengkokkan nya bila terlalu tipis. Selain itu juga mengundang copet :D.

9. Berlebihan dengan DIY (Do It Yourself)
Melapisi ponselmu dengan pasta gigi dan lihat apa yang terjadi atau lebih baik jangan, menggosoknya dengan kertas timah atau melubangi casing ponselmu adalah ide yang buruk. Jika kamu ingin mencoba DIY yang kamu lihat secara online, setidaknya baca ulasan orang lain dulu, jangan sampai hp mu jadi rusak karena malpraktek :D.

10. Menyukai casing pelindung ala desainer
Kesing mahal tidak selalu berarti perlindungan terbaik hanya karena ada logo terkenalnya, pilih yang paling handal yang pas untuk ponselmu. bermerek atau tidak. Sekali lagi, ulasan pengguna akan sangat membantu.

Baca Juga : Tips Aman Cara Cas Hp Agar Cepat Penuh dan Menjaga Baterai Lebih Awet

11. Menggunakannya saat susah sinyal
Ketika kamu lihat sinyal lemah di layar artinya ponselmu mengeluarkan sinyal yang lebih kuat sebagai pemancar sambil mencari jaringan yang lebih baik. Artinya ia lebih banyak memancarkan sinyal radio yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan mu, lalu ia akan memanas saat aktif mencari sinyal, dan itu juga beresiko. Yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan telepon rumah atau menjauhkannya darimu saat susah sinyal. Ingat, headset berguna untuk hal ini.

12. Tidak pernah me-restart pomsel
Benda seukuran telapak tangan ini memproses banyak data dan menyimpannya dalam ram. Ketika kamu me-restartnya, memori RAM dibersihkan dan semua aplikasi ditutup. Jika kamu tidak rutin melakukannya ponselmu bisa mengalami gangguan dan tidak meresponmu atau langsung mati bahkan hp jadi cepat rusak. Untuk menghindarinya berikan waktu istirahat setidaknya seminggu sekali, matikan dan tunggu sebentar sebelum menyalakannya kembali, ponselmu akan bersyukur dengan bekerja lebih efektif.

13. Mengaktifkan getar pada ponsel
Banyak panggilan masuk dan bunyinya mengganggumu sehingga kamu menyukai mode getar? Telingamu mungkin senang, tetapi ponselmu jelas tidak. Secara menerus getaran ini perlahan mengurangi umur baterai dan menurunkan kinerjanya, lebih baik matikan suaranya atau biarkan berbunyi.

14. Selalu menggunakan layanan lokasi
Aplikasi seperti Find-My-Phone atau Peta butuh teknologi lokasi untuk menemukanmu atau ponselmu. Aplikasi lain seperti kamera, aplikasi media sosial, dan sejenisnya tidak butuh pembaruan lokasi setiap saat, mereka menguras baterai. Dan setiap satu siklus pengisian, berarti mengurangi umur ponsel. Jadi, nonaktifkan fitur ini untuk semua aplikasi yang tidak penting di ponselmu.

15. Menaruhnya di tas tanpa pelindung
Casing ponsel bukan hanya aksesoris trendy, ia dirancang untuk melindungi ponsel dari goresan benda-benda tajam seperti kunci di dalam tasmu. Selain itu,  yang baik juga melindungi dari debu karena ketika menumpuk di dalam ponsel, debu membuatnya mengalami gangguan dan kepanasan, dan tentu saja hal ini jadi salah satu penyebab hp cepat rusak.

16. Tidak pernah membersihkan bagian dalamnya
Saya yakin kamu rutin membersihkan layarmu, tetapi bagian dalamnya juga butuh perhatian. Ponselmu adalah pengumpul debu, kamu menyimpannya di tas, meletakkanya dimeja restoran, dan menjatuhkannya didalam mobil. Debu, serat, dan kotoran masuk dan mengacaukan bagian dalamnya, jangan melakukannya sendiri, bawa kepada ahlinya.

17. Mengabaikan penyimpanan eksternal
Meski kamu punya cukup ruang kosong di perangkatmu, bantu dan kurangi bebannya. Perangkat kerasnya dapat bekerja dengan baik jika tidak dibebani banyak data. Jika ponselmu mendukung kartu memori, gunakanlah. Buka pengaturan dan jadikan ini lokasi penyimpanan utama untuk aplikasi, musik, dan foto. Jika kamu tidak dapat menggunakan memori eksternal pindahkan data mau ke penyimpanan Cloud.

18. Mengisi daya saat terjadi badai (petir)
Saat kamu mendengar pertanda badai itu bukan saat yang baik untuk mengisi daya ponselmu, bahkan jika kamu punya filter jaringan terbaik. Sambaran petir tetap bisa merusaknya, arus kilat dapat mengalir melalui kabel listrik ke ponselmu.

19 Mengaktifkan wi-fi dan bluetooth setiap saat
Ingatlah untuk menonaktifkan keduanya saat kamu tidak menggunakannya kalau tidak ingin baterai terkuras, kalau tidak itu sama saja dengan membuat keran tetap terbuka saat kamu tidak menggunakan air.

Demikian artikel tentang 19 Kesalahan Yang Membuat Hp Cepat Rusak dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan. Semoga berguna.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close