Skip to main content

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline) - Sejak Sony PlayStation 3 meng-update firmware terbarunya di versi OFW 4.85, sudah banyak berjatuhan "korban" bagi pengguna PS3 CFW. Rata-rata mereka dengan tidak sengaja (atau mungkin tidak mengerti) PS3 mereka ter-update ke firmware versi terbaru tersebut.

Memang bagi pengguna PS3 CFW terutama PS3 yang masih memiliki firmware dibawah 4.85, tidak disarankan untuk melakukan online pada konsol PS3 nya, karena pihak server Sony PlayStation akan terus "Meneror" konsol agar segera melakukan proses update firmware ke versi yang lebih baru, sesuai firmware terbaru yang dikeluarkan oleh pihak Sony, khususnya dalam hal ini PlayStation 3.

Bagi pengguna PS3 CFW (khususnya yang sering main online) yang tidak ingin mendapat "Teror" update firmware dari Sony tersebut, lebih baik segera melakukan update ke firmware CFW ke versi yang lebih baru yaitu CFW 4.85, hal ini tentu saja untuk menghindari PS3 CFW sobat agar tidak "kembali ke jalan yang benar", dan bisa lebih aman untuk main PS3 secara online.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

Namun bagi sobat yang tidak menggunakan PS3 nya untuk online, tidak update firmware ke CFW terbaru juga tidak masalah, yang paling penting jangan pernah menghubungkan konsol PS3 CFW nya ke jaringan internet (online), cukup bermain secara offline saja. Tetapi pihak Sony tentu ada maksud dengan di launchingnya firmware terbaru PS3 saat ini, tentu saja firmware terbaru memiliki performa yang lebih baik dari firmware sebelumnya.

Jadi bagi pengguna PS3 CFW yang software nya masih dibawah 4.85, lebih baik melakukan update ke firmware CFW yang terbaru agar mendapatkan performa system PS3 yang terbaik sesuai update yang dilakukan oleh Sony, walaupun PS3 sobat hanya dipakai untuk bermain secara offline saja. Bagi sobat pengguna PS43 CFW, yang ingin update firmware ke versi CFW 4.85, sobat bisa download firmwarenya DISINI.

Tetapi bagaimana jadinya jika PS3 CFW sobat sudah terlanjur (terupdate) menjadi PS3 OFW?, ya nggak masalah. Sobat tinggal downgrade saja PS3 nya agar kembali menjadi CFW. Namun jika sobat belum sempat atau belum punya uang untuk membawanya ke tempat servis playstation, sobat bisa menjadikan PS3 OFW tersebut menjadi PS3 HEN. Untuk caranya sobat bisa baca dipostingan saya di Cara Update PS3 HEN 4.85 (Sangat Gampang!)

Namun apabila sobat tetap ingin men-downgrade PS3 nya agar kembali menjadi PS3 CFW, sobat bisa lakukan sesuai cara yang ingin saya paparkan pada artikel kali ini. Sesuai dengan judul diatas yaitu "Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin", saya akan memaparkan bagaimana cara kita mendowngrade tanpa perlu menggunakan flasher dan membuka mesinnya.

Sobat cukup menggunakan file yang sudah dicopy ke dalam sebuah flashdisk yang nantinya akan kita colokkan flashdisk tersebut di PS3. Serta file pendukung yang harus kita instal di komputer atau laptop. Disini kita tidak membutuhkan jaringan internet (pulsa internet) untuk melakukan proses downgrade PS3 nya, cukup sambungkan komputer dan PS3 dalam satu jaringan WIFI, maka proses Downgare PS3 tanpa bongkar mesin sudah bisa kita lakukan. (untuk mendapatkan jaringan wifi, sobat bisa gunakan fitur Tethering dari hp android).

Kenapa saya melakukan downgrade PS3 ini secara offline?, karena sering kejadian saat saya melakukannya melalui web (online) beberapa kali gagal karena terkendala sinyal didaerah saya yang tidak cukup stabil (walaupun akhirnya berhasil juga). Dengan cara offline, proses downgrade PS3 tanpa bongkar mesin ini sangat lancar dan cepat prosesnya.

Oke sobat, tanpa berpanjang kata lagi, mari kita simak bersama-sama bagaimana cara downgrade PS3 OFW 4.85 tanpa bongkar mesin (Offline) dibawah ini. Tapi sebelumnya saya ingin sekedar mengingatkan, resiko atau kesalahan yang terjadi bukan tanggung jawab kami, karena file dan cara yang kita paparkan disini sudah diuji dulu oleh penulis, dan berhasil tanpa ada kendala.

Oh ya sobat, sekedar tambahan. Untuk memastikan apakah PS3 sobat bisa di downgrade atau tidak, sobat dapat membaca terlebih dulu di artikel saya yang lama yaitu PS3 OFW bisa jadi CFW? cek dengan cara ini. Jadi untuk meminimalisir kesalahan pada proses downgrade nantinya. Oke sobat, silahkan disimak cara downgrade PS3 OFW 4.85 tanpa bongkar mesin (Offline) berikut ini :

1. Download terlebih dulu kedua file ini.
A. COPY KE PC
B. COPY KE FLASHDISK

2. Extract file A ke komputer/laptop, dan file B ke flashdisk, file B harus di root, bukan didalam folder (cek MD5 setelah di copy ke flashdisk untuk file B, harus sama).

3. Download juga firmware HFW 4.85.1. Lalu extract ke flashdisk lain dan lakukan update firmware pakai file ini pada PS3 sobat yang ingin di downgrade.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

4. Setelah selesai update firmware PS3 ke HFW 4.85, kita tinggalkan dulu PS3. Masuk ke komputer, buka folder "COPY KE PC" tadi dan jalankan aplikasi Miniweb dan catat IP Address seperti yang saya beri tanda digambar. Lalu kita biarkan PC berjalan, dan kembali ke konsol PS3.


5. Tancapkan flashdisk yang sudah berisi file "COPY KE FLASHDISK" tadi pada slot sebelah kanan PS3.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

6. Lalu masuk ke pengaturan koneksi di PS3, sambungkan ke WIFI dijaringan yang sama dengan komputer. Bisa melalui WIFI hp android, dan tidak perlu memakai pulsa/kuota.

7. Pergi ke menu Browser PS3, lalu masuk ke tools dan lakukan delete Cache, Cookies, serta History. Dan jangan lupa setingan "Hompage" centang "Use Blank Page".

8. Kembali ke "Internet Browser", masuk ke alamat IP yang sudah kita catat tadi di komputer (harus sama IP nya). ketik alamat tersebut di Address Bar dan tekan start. Alamat ip yang dicatat tadi adalah 192.168.0.102:8000

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

9. Kemudian kita akan masuk ke menu. Karena saya akan men downgrade PS3 Slim seri 20, saya pilih yang paling atas (PS3 Nor Flasher).

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

10. Lalu pilih "Initialize Exploitation". Proses ini berjalan cukup cepat. Dan setelah sukses akan ada pemberitahuan.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

11. Setelah berhasil, selanjutnya pilih "Patch NOR Flash Memory". Proses ini berjalan sekitar satu hingga dua menit.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

12. Dan jika berhasil juga akan muncul notifikasi bahwa proses downgrade selesai.

Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline)

Setelah proses "Patch NOR Flash Memory" sukses, restart PS3 sobat, dan silahkan instal CFW 4.85 terbaru (atau pakai firmware CFW 4.85 ini). Dan selamat, PS3 sobat sudah kembali ke CFW ("Jalan yang tidak benar" :D).

Demikanlah tadi tutorial atau Cara Downgrade PS3 OFW 4.85 Tanpa Bongkar Mesin (Offline), dan dilakukan tanpa jaringan internet. semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)

Jika ada pertanyaan silahkan tanya di komentar atau kirim email ke montirbox@gmail.com.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close