Main game PS2 di PS3 paling mudah di CFW Citra Mulia

Cara main game PS2 di PS3 - "Bagaimana cara merubah PS2 menjadi PS3 bang?", pertanyaan menggelitik itu terlontar dari mulut seorang anak SD yang sedang mengisi permainan di bengkel servis saya, dengan tersenyum saya menjawab pertanyaannya "Gampang dik, tinggal kasi uang sama saya, biar berubah PS2 kamu menjadi PS3", tukar tambah maksudnya :D. Tapi jika kita balik pertanyaannya menjadi bagaimana cara "merubah" PS3 menjadi PS2? tentu saja BISA, artinya merubah disini bukan berganti tampilan konsol secara fisik, tetapi maksudnya kita bisa memainkan game PS2 di PS3.

Bagi sobat yang sudah memiliki konsol PS3 tidak perlu bingung lagi jika ingin sekedar bernostalgia memainkan game PS2 favorit sewaktu kecil, tidak perlu repot lagi keluar duit untuk membeli konsol PS2, karena di PS3 kita sudah bisa memainkan game-game favorit masa lampau yang bisa mengingatkan kita masa-masa kecil yang indah dulu. Dengan CFW Citra Mulia kita bisa memainkan game PS1 dan PS2 di PS3, keren bukan?. Tapi saat ini saya hanya ingin berbagi bagaimana cara main game PS2 di PS3, untuk cara main PS1 di PS3 lain waktu akan saya paparkan ulasannya.


Untuk main game PlayStation2 di PlayStation3, yang harus kita siapkan adalah sebuah game iso PS2 yang bisa kita dapatkan dari cd/dvd game PS2, untuk cara copy game nya sobat bisa baca artikel saya di Cara copy game PS2 dari DVD game ke flashdisk dan harddisk. Tapi jika sobat sudah mempunyai game yang sudah berbentuk ul.cfg, sobat bisa langsung merubahnya terlebih dahulu menjadi ISO. gunakan software USBUtil untuk meng-convert file game tersebut.

Sebelumnya perlu diingat ya sob, tidak semua game PS2 bisa support di PS3, itu karena sistemnya menggunakan emulator yang kemampuannya masih terbatas, untuk memastikan game apa saja yang work silahkan dicoba sendiri ya sob.   Bagi sobat yang belum mengerti bagaimana cara merubah file game ul.cfg menjadi iso, dibawah ini akan saya paparkan caranya, silahkan disimak :

1. Download terlebih dahulu program USBUtil untuk PC
software ini bisa sobat download di SINI

2. Buka program tersebut dan jalankan
Oh ya sobat, untuk game nya yang ingin kita convert, diwajibkan game nya jangan hasil dari compress atau game dari hasil editan seperti game bola, karena walaupun game tersebut jalan pada konsol PS2 dikhawatirkan game tersebut tidak akan jalan di PS3 nantinya, karena saya sudah mencobanya dan memang tidak bisa game hasil kompres atau editan, game harus original.

3. Pilih pada menu Open Game List



4. Lalu pilih game yang ingin sobat convert menjadi game ISO, klik pada To ISO, disini saya ingin mencoba meng convert game ZUMA yang berukuran 2.24 gb menjadi ISO


5. Setelah itu tentukan dimana akan disimpan hasil convert game tersebut, disini saya memilih ke harddisk external agar gampang dan bisa langsung di copy ke PS3 nantinya. pilih Start untuk memulai


6. Selanjutnya proses convert game PS2 ke ISO akan berjalan, tunggu hingga selesai



Setelah proses merubah game ul.cfg ke ISO selesai, silahkan cabut harddisk sobat dari laptop dan sekarang lanjut bagaimana cara copy game PS2 tersebut ke konsol PS3. Oh ya sobat, berhubung ada pekerjaan lain yang mesti harus saya selesaikan, artikel Main game PS2 di PS3 paling mudah di CFW Citra Mulia ini akan saya lanjutkan pada postingan selanjutnya, silahkan ditunggu ya sob, terimakasih.

Update :
Main game PS2 di PS3 paling mudah di CFW Citra Mulia (lanjutan)

0 Response to "Main game PS2 di PS3 paling mudah di CFW Citra Mulia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Rasulullah S.A.W bersabda :
"Barang siapa yang menyampaikan 1 (satu) ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal dunia), dia akan tetap memperoleh pahala."
(HR. Al-Bukhari)